STMIK HIMSYA BEKERJA SAMA DENGAN KADIN KOTA SEMARANG DALAM MENGEMBANG PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI

Hal itu ditandai dengan penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) oleh Ketua KADIN Semarang, H.Arnaz Andrarasmara, SE, MM dan Ketua STMIK Himsya, Septia Lutfi,S.Kom M.Kom, yang berlangsung di Hotel Daffam, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/1).

Kegiatan itu juga dihadiri dari KADIN Kota Semarang, Wakil Ketua Standarisasi Pendidikan & Sertifikasi Kompetens Esti Widsyandari, S.Psi, SH, CEC, Komtap Pengembangan UMKM Gabriel Gati Wardani, Spd, serta dari STMIK Himsya hadir juga Agus Purwanto, S.Kom, M.Kom, Catur Prabowo, M.Si dan Henri Pelupessy, ST, SH, MH, C.Med.

Arnaz menyampaikan kerja sama ini adalah memberikan kontribusi berupa pengalaman dari para pengusaha yang tergabung dalam Kadin Semarang serta memberikan bekal kepada mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja, baik sebagai pegawai, dosen, atau pun pengusaha.

Ia menegaskan bahwa tujuan utama adalah membentuk semangat kewirausahaan atau jiwa berwirausaha di kalangan mahasiswa.

“Fokusnya adalah memberikan kontribusi pengalaman-pengalaman para teman-teman pengusaha yang ada di Kadin Semarang, sehingga itu bisa menjadi bekal buat teman-teman mahasiswa saat nanti mereka keluar dari kampus, nantinya agar mahasiswa memiliki spirit of entrepreneurship,” kata Arnaz.

Ucapan terima kasih dan rasa syukur juga disampaikan, Arnaz berharap kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi positif terutama dalam memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa.

“Kami dari Kadin Kota Semarang tentunya menyambut baik kerja sama ini dengan STIMIK Himsya, berharap bahwa kerja sama ini bisa ditindaklanjuti, paling tidak kita bisa memberikan ruang untuk para mahasiswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, pengalaman-pengalaman khususnya dari para teman-teman pengusaha” ungkap Arnaz.

Beri Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa

Dalam kerja sama ini, para pengusaha akan menjadi bagian integral dari kurikulum di STMIK Himsya, seperti melibatkan para pengusaha sebagai dosen tamu atau pembicara yang akan berbagi pengalaman dengan mahasiswa, dengan harapan dapat memberikan wawasan lebih dalam terkait dunia bisnis dan kewirausahaan.

Disisi lain, Septia menyampaikan apresiasi kepada KADIN Kota Semarang atas partisipasi yang diberikan untuk kemajuan mahasiswa STMIK Himsya Semarang, sehingga mereka dapat mengetahui peluang bisnis dan sektor bisnis yang dapat diakses setelah lulus.

“Kami terimakasih sekali dari STIMIK Himsya sudah dikasih kesempatan dengan Kadin Kota untuk mengadakan MOU. MOU itu kami akan turunkan nanti ke mahasiswa, supaya mahasiswa itu bisa mengetahui ada tempat-tempat bisnis atau sektor-sektor bisnis yang bisa digunakan dari yang didapatkan. Insyaallah nanti kita kerjasama dengan Kadin, semakin kokoh. Karena bisnis itu bukan hanya sekedar IT, tapi juga ada strategi-strategi dan lihat peluang pasar, peluang pasar yang ada di masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Tengah,” ungkap Septia.

Dalam menjalankan kerja sama ini, STMIK Himsya berharap dapat menerima masukan ide-ide kreatif dari KADIN Kota Semarang untuk memajukan dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dalam menghadapi dunia bisnis yang dinamis.

“Harapannya nanti kami supaya dapat masukan ide-ide kreatif dari Kadin Kota Semarang untuk mahasiswa kami,” kata Septia.

Kerjasama antara STMIK Himsya dan KADIN Kota Semarang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan jiwa kewirausahaan mereka. Dengan begitu, diharapkan mereka dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam membangun masa depan Indonesia yang gemilang.