PKM RUMAH BELAJAR DI DESA CAMPUREJO, KEC. BOJA, KABUPATEN KENDAL DAN DI DESA PAGERSARI KEC. PATEAN, KABUPATEN KENDAL, PROPINSI JAWA TENGAH

Kegiatan Rumah belajar sebagai pelengkap bagi pendidikan di sekolah untuk menggali berbagai minat yang dimiliki anak-anak atau para siswa sebagai upaya agar rasa ingin tahu mereka tetap hidup. Rumah Belajar menerapkan prinsip belajar aktif melalui tiga cara yakni melihat, mendengar dan melakukan. Kunci utama penyelenggaraan rumah belajar adalah adanya kelenturan atau fleksibilitas. Salah satu tujuan berkembangnya rumah belajar saat ini adalah tersedianya fasilitas pengembangan kreativitas, meningkatkan keterampilan berpikir dan saling berbagi secara kolaboratif antara para peserta (user) atau siswa, pengelola dan tenaga pengajar dalam hal ini adalah para kader serta volunteer, maupun dengan masyarakat umum

Pengelolaan dan pelayanan Rumah Belajar di Taman Baca Vamina dan LabG Academy, masih terbatas pada pengelolaan sederhana dan bersifat personel. Beberapa permasalahan dan keterbatasan yang dihadapi mitra dalam menjalankan aktifitas non produktif secara ekonomi di rumah belajar ini, diantaranya berupa keterbatasan SDM dalam proses pengelolaan rumah belajar, dikarenakan pemilik sekaligus pengelola Rumah belajar tidak memiliki dasar pengetahuan ataupun keterampilan mengenai pengelolaan dan pelayanan di Rumah Belajar. Pencatatan inventaris sarana belajar yang belum terstruktur, serta keterbatasan peralatan penunjang atau sarana belajar seperti komputer, rak buku dan koleksi buku bacaan, yang masih dimiliki secara perseorangan atau pribadi, dengan model pengadaan buku – buku dan fasilitas lainnya secara bertahap atau melalui pembelian angsuran.

Tim Pelaksana Program Kemitraan Masyarakat (PKM) telah memberikan Solusi yang diharapkan dapat menjawab permasalah tersebut dengan menawarkan model pendampingan. Adapun model pendampingan yang telah diimplementasikan adalah dengan memberikan workshop atau pelatihan skill / keterampilan pengelolaan dan pelayanan di Rumah Belajar. Penerapan model pendampingan ini, diharapkan dapat memberikan luaran dalam meningkatkan ketrampilan, baik bagi pengelola dan kader rumah belajar, dalam proses pelayanan dan pembangunan kharakter anak ataupun siswa yang menggunakan sarana & prasarana di Rumah Belajar. Upaya untuk dapat menginspirasi dan memberikan informasi kepada khalayak, tentang kegiatan yang diadakan di Rumah Belajar, tim PKM kami juga memberikan luaran tambahan berupa Hosting dan Domain non komersial dengan menggunakan model CMS (Content Management System).

Pelaksanaan kegiatan PKM diikuti oleh founder, pengelola dan kader di rumah belajar dengan penuh antusias. Harapan yang telah disepakati bersama antara tim PKM dengan mitra adalah upaya untuk mengembangkan dalam peningkatkan pengelolaan rumah belajar, agar dapat memberikan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat disekitar Rumah Belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *